Rumus Excel untuk Mencegah Ranking atau Peringkat Ganda pada Microsoft Excel

By Wakhid Hasim, S.Kom 19 Feb 2019, 01:15:06 WIB Tutorial
Rumus Excel untuk Mencegah Ranking atau Peringkat Ganda pada Microsoft Excel

menentukan ranking dengan fungsi excel baik fungsi RANK, RANK.AVG, maupun RANK.EQ masih memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah adanya ranking atau peringkat ganda untuk nilai yang kembar atau nilai yang sama.

Cara menghindarai duplikat rangking ini tentunya dengan menetapkan kriteria-kriteria tertentu yang anda kehendaki terlebih dahulu. Sebab kriteria ini akan menentukan model perankingan mana yang tepat untuk anda gunakan.

Sebelum berlanjut ke pembahasan tentang cara mencegah duplikat ranking excel, kita buat dulu contoh datanya seperti dibawah ini.
Menentukan Ranking Nilai pada Microsoft Excel

Data ini akan kita gunakan sebagai bahan latihan untuk rumus-rumus excel yang akan kita pakai pada tutorial excel kali ini.

Untuk data diatas kolam A sampai kolom E kita tulis secara manual. Sedangkan kolom Jumlah kita gunakan fungsi SUM utuk menjumlahkan Nilai 1, Nilai 2 dan Nilai 3 dengan rumus pada sel F2:
 

=SUM(C2:E2)


Kemudian copy-paste ke sel lain dibawahnya. Kolom jumlah inilah yang akan kita jadikan acuan perangkingan nilai kita kali ini.

Adapun Kolom "RANKING" pada Cell G2 diatas menggunakan rumus excel :
 

=RANK(F2;$F$2:$F$11)


Perhatikan penggunaan tanda $ pada rumus excel tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat referensi range tersebut absolut, sehingga tidak berubah saat kita copy-paste ke sel-sel lain dibawahnya.

Setelah selesai memasukkan data serta rumus-rumus excel diatas jika diperhatikan maka akan terlihat bahwa hasil pemeringkatan dengan menggunakan fungsi RANK exel diatas terdapat beberapa peringkat nilai yang ganda. Yakni pada peringkat atau rangking 1,3 dan 6.

Untuk mencegah rangking ganda atau membuat sebuah ranking atau peringkat yang unik sebenarnya relatif mudah salah satunya adalah menggunakan fungsi COUNTIF Excel

Untuk membuat ranking yang unik dan tidak ganda gunakan rumus excel berikut pada Cell G2 kemudian copy-pastekan kebawah:
 

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$2:F2;F2)-1


Sekali lagi perhatikan dan cermati penggunaan tanda $ pada rumus diatas.

Setelah anda copy-pastekan ke bawah hasil akhir pemeringkatan nilai diatas akan seperti ini :

Rumus Excel untuk Mencegah Duplikat Ranking atau Ranking ganda pada Microsoft Excel

Selain menggunakan rumus excel diatas anda bisa juga menggunakan rumus seperti ini dengan hasil yang sama:
 

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$1:F1;F2)


Dengan menggunakan kedua rumus excel diatas maka tidak ada lagi duplikat ranking. Hanya saja nilai yang ada di baris yang lebih awal akan mendapatkan rangking yang lebih kecil. Sehingga terkesan bahwa siswa no.4 mendapatkan jumlah nilai yang lebih baik daripada siswa nomor 7 padhal sebenarnya jumlah nilainya sama.

 


 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment