Sejarah

By Wakhid Hasim, S.Kom 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

SMK Raden Rahmat Mojosari yang berada di tepi jalan raya di kota kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto telah berdiri sejak tahun 2001 sebagai sekolah menengah kejuruan yang sangat sederhana dengan jumlah siswa yang hanya belasan orang. Di tahun 2017 ini, enam belas tahun adalah usia yang dianggap produktif jika dianalogikan seperti halnya seorang anak yang menginjak dewasa. Beberapa pembaharuan-pembaharuan dibidang akademik maupun non akademik telah dilakukan oleh SMK Raden Rahmat Mojosari sebagai upaya dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Sebagai sekolah berstatus swasta yang dikelola tanpa adanya dukungan dana dan manajemen yang kuat. Namun perlahan tapi pasti dengan doa dan dukungan seluruh elemen sekolah, masyarakat, dan instansi pemerintah.  Allah Subhanahu wa Ta’ala mengizinkan SMK Raden Rahmat menjadi sekolah menengah kejuruan swasta yang mendapat kepercayaan cukup besar dari masyarakat sekitar, hingga mendapat pengakuan dari mayoritas masyarakat sekolah ini sebagai sekolah yang setara dengan negeri.

Saat ini SMK Raden Rahmat Mojosari yang berada di bawah naungan Yayasan Ponpes Darul Falah Mojokerto memiliki 9 (Tujuh) program/kompetensi keahlian, yaitu :

  1. Administrasi Perkantoran (2001)
  2. Teknik Komputer dan Jaringan  (2003)
  3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (2005)
  4. Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (2006)
  5. Teknik Otomotif : Teknik Sepeda Motor (2009)
  6. Perbankan (2012)
  7. Teknik Otomotif : Teknik Kendaraan Ringan (2013)
  8. Tata Niaga :Marketing (2016)
  9. Teknik Alat Berat (2016)

Sekolah adalah salah satu dari 3 (tiga) unsur pendidikan di samping keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu SMK Raden Rahmat Mojosari tidak akan mampu mendidik siswa/i yang menjadi amanahnya tanpa dukungan dari orangtua/keluarga dan masyarakat sekitar termasuk dari dunia usaha/industri.

Berbeda dengan sekolah negeri yang gurunya mendapatkan gaji dari anggaran pemerintah, maka sebagai sekolah swasta SMK Raden Rahmat Mojosari harus berupaya ekstra keras menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya sehingga semua kebutuhan untuk kemajuan sekolah dapat terpenuhi.

SMK Raden Rahmat Mojosari meyakini bahwa investasi di dunia pendidikan tidaklah bisa segera dipetik di dunia ini. Kebahagiaan terbesar dari  pengelola dan para pendidik di sekolah ini bila mendapati pribadi yang dididiknya menjadi pribadi yang UNGGUL, ISLAMI, KOMPETITIF, dan POPULIS serta menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Bagi SMK Raden Rahmat,  menggeluti dunia pendidikan adalah berkah dan penghormatan. Pantang bagi kami untuk menggerutu dan bersempit hati saat menemui kesulitan dalam menjalankan amanah ini sebagai sekolah swasta yang tidak menyasar segmen murid dari kalangan atas.  Kami memilih untuk membangun reputasi , kehormatan, berkah, kemuliaan, dan kesuksesan dangan bekerja keras dan tanggung jawab.

SMK BISA........!!!!!!!